Meski bisa pertahankan karbu standar bawaan pabrik, kohar alias korek harian 4-tak tetap perlu ubah setingan. Kompresi sudah naik dan kem dikorek, karbu sebagai pemasok gas bakar harus disesuaikan, jelas Teng Suang Hak, mekanik Ahak Motor, yang mangkal di Jl. Kapuk Raya, No. 55D, Jakarta Utara.
Pria akrab dipanggil Ahak itu, ajukan tips simpel nyeting main-jet dan pilot-jet. Tidak pake patokan. Soalnya karakter masing-masing kohar beda. Kuncinya, rasakan saja dampak di mesin, kata Ahak yang sibuk garap motor balap pesanan saat ditemui Em-Plus di bengkelnya.
Lakukan penyetelan gas dan angin secara maksimal. Jika teriakan mesin pada setelan gas tertinggi kurang njerit, berarti main-jet memang kurang. Coba naikan 5 angka dulu, kata lelaki berambut cepak ini.
Setelah itu, coba tarik gas. Jika pada gas tinggi tampak kayak ada kosong, alias ada jeda pada pasokan bensin. Itu main-jet masih kurang. Bisa naikan satu step lagi, atau jadi 7 atau 7,5 angka. Biasanya, untuk kohar kenaikan itu sudah cukup tinggi, ingatnya.
Sebaliknya, jika saat digas malah terasa mbrebet di putaran atas. Itu artinya, kenaikan main-jet yang dilakukan terlalu besar dan harus diturunin. Selain mbrebet, setelan main kegedean juga berdampak bensin boros. Bensin terbuang dan nggak terbakar maksimal. Bisa dilihat di busi. Kalau cepat sekali hitam, berarti setelan kegedean pas, ujar Ahak lagi.
Sementara untuk setelan pilot-jet, gejalanya juga dideteksi dengan beberapa hal. Gejala pertama, jika motor susah hidup setelah dilakukan korekan. Atau setelah hidup, tapi pada putaran bawah tampak seperti ada kosongnya. Kayak bensin enggak jalan. Itu artinya pilot-jet perlu dinaikan, katanya.
Cara menaikan juga bertahap. Sama kayak kenaikan main-jet, coba dinaikan 5 angka dulu, tambah mekanik yang sukses bikin Kanzen melejit di pentas pasar senggol Jakarta.
Ahak kasih ancer-ancer, kebiasan yang dilakukannya, setelan pilot-jet maupun mainjet untuk kohar, pas pada penambahan antara 5 sampai 7,5 angka. Tentu saja, tergantung karakter korekan dan jenis karburator. Tapi dari pengalaman, setingan pilot dan main-jet koharenggak pernah sampai 10. Jenis karburator apapun, deh, tutup Ahak
dikutip dari www.motorplus-online.com
Bengkel Motor: Korek Harian 4-Tak : Setting Karburator
Bengkel Motor, Harga Motor, Feature dan Spek Motor
Bengkel Motor: Cara Setting Karburator Motor
Bengkel Motor, Harga Motor, Feature dan Spek Motor
Seputar Oprek Mesin Motor: Korek Harian Yamaha Jupiter MX ...
Anonim mengatakan mohon pencerahan nih gan , motor ane Yamaha Jupe MX 2008 sejak lama angen2 pengen bgt mau ganti jeroan alias blok seher Vixion + tetek
SATRIA FU 150; SETING KOREK HARIAN BUAT PELAJAR ...
1,506 Responses to SATRIA FU 150; SETING KOREK HARIAN BUAT PELAJAR VIc Says: March 22, 2010 at 12:14 am | Reply. bos thx buat sarannya
Direktori Kebutuhan Otomotif Indonesia
Pusat informasi bengkel mobil, bengkel motor, bengkel alternatif, bengkel modifikasi, toko sparepart mobil, toko sparepart motor, pusat onderdil mobil, pusat onderdil
FU harian MENAKUTKAN ~ modifikasi motor 4 tak dan 2tak
Pengguna yang ingin matic jauh lebih cepat. Akhirnya, membeli rumah banyak atau katrol rumah roller. Main tindak lanjut tanpa mengetahui fungsi dan
KOREK MESIN TIGER SEMI RACE | R.A.T -Racing Automotive Tuning-
Senang rasanya, karena mesin tiger adalah mesin favorit saya, dengan sepenuh hati, cinta kasih (Lebay.com) maka saya berencana membenamkan piston 71mm ke
Forum Tanya Jawab - Chibenk Motor | bengkel motor Setting ...
bengkel motor Setting motor 4 Tak Kumpulan Trik 'n Tips Setting Harian
RIP SPEED TUNING | Berbagi ilmu adalah pahala, semoga ...
LLKS GIYANG PACING menerima siswa baru kursus otomotif sepeda motor, lama pembelajaran selama kurang lebih 6 bulan, jika merasa masih kurang mampu, bisa memperpanjang
korak korek mesin motor - 66tech | i like technology ;D
Disumpal Piston Mio 2009-12-17 19:49:46 Fajar Sugianto bukanlah seorang pembalap. Malahan kegiatannya sehari-hari terbilang di level eksekutif. Naik motor
ConversionConversion EmoticonEmoticon