Capasitor Bank Buat Apa Sih..??? MAZPED BLOG

Posted by MazPed in Modif, Tips.
Tags: aki soak, kapasitor bank, trik aki soak
trackback

Haduwh. Toblas bro.

Banyak artikel yang pending gara-gara kesibukan ane ngurusi orderan, giliran ada waktu gantian jaringan internet yang payah..

Yo wis ahh dikit-dikit ane coba update meski upload 1 foto nunggunya sampe ngabisin rokok 1 batang.. weleh.. weleh. dyar tenan..

Sesuai janji ane kemarin Mau bahas masalah Kapasitor Bank..

Apa sih kapasitor bank itu..???

url

Kapasitor bank sekarang banyak di jumpai di motor2 injeksi HONDA entry level juga mid level ( di high level justru malah gak ada ) .

Fungsinya sebagai penyimpan energi listrik sementara Boleh di bilang kapasitor bank merupakan aki cadangan dengan daya simpan arus yang kecil.

Kenapa perlu ada kapasitor bank???

Nah part ini amat sangat membantu di kala aki tekor atau soak, piranti injeksi ( ECM dan fuel pump ) butuh tegangan untuk mempersiapkan diri ( booting ) sebelum motor di starter.

Cek dah.. pada motor injeksi pasti ada bunyi ngiiiiiiing.. pada fuel pump ( tangki bahan bakar ) ketika kontak di nyalakan.

Itu pertanda fuel pump sedang menyiapkan tekanan bahan bakar ke injektor agar nantinya di semburkan ke ruang bakar.

Nah untuk persiapan part tersebut pasti membutuhkan arus dari aki. Lalu bagaimana jika aki bermasalah..??? Tekor atau soak.

Apalagi fitur AHO sering membuat motor2 jaman sekarang tekor karna pengisian ke aki lebih sedikit ketimbang pengeluaran.

Pabrikan AHM telah mengakalinya dengan kapasitor bank Namun belum semua part ini di cangkokkan ke motor injeksi Honda atau merk lainnya.

Baru CB150R dan Verza saja yang ane tau Untuk ukuran ( Farad ) kapasitor bank ori pabrikan belum di ketahui nilainya, karena pas sesi tanya jawab dengan Pak Sawono Edhi ( AHM ) beliau pun tidak memberitahukan berapa nilainya.

Tapi nanti kalo nemu partnya di loakan ane coba ukur meski gak ada alat ukur buat membaca nilai kapasitor, namun ane punya trik sederhana ngukur nilai Farad kapasitor.. hueheheheheheheheheh

pertamax7-wordpress-com-119-small

Bagaimana motor injeksi lain yang belum pake Kapasitor bank

Nih sedikit trik Sebenernya ini trik lawas dah pada pake ginian sejak motor karbu berkuasa. Juragan Pertamax7 juga udah pasang sejak jaman kompeni :mrgreen:

Kalo di motor karbu fungsinya sebagai stabilizer tegangan aki Di motor injeksi pun sama Selain buat stabilizer tegangan aki, juga berfungsi sebagai pemasok arus darurat.

Part yang di butuhkan hanyalah sebuah atau beberapa buah Kapasitor yang biasa di sebut ELCO ( Electrolit Condensator )

Ukuran yang di pake rata-rata 10.000uF, untuk tegangan yang penting di atas 16 Volt. Untuk harga sih bervariasi.. Untuk yang 10.000uF/50 Volt antara Rp 15.000 Rp 20.000 saja.

Sedang yang 15.000uF kemarin ane beli Rp40.000 Tapi di jamin mantep.

Cara pasangnya cukup di hubungkan paralel dengan aki Gitu doank Simpel kan.

kapasitor

Untuk kedepannya Ane mau mencoba ber-experimen ke motor yang lebih canggih, katakanlah Vario 125.

Di mana suply arus pada Vario ini di bagi-bagi menjadi beberapa bagian, cek dah bagian FUSEBOX ( rumah sekring ), di situ ada beberapa FUSE yang bertugas mengamankan part2 kelistrikan sesuai kategorinya, misal buat sistem injeksi, buat lampu-lampu, buat spido, sekring utama dan lain-lain  jadi perlu trik khusus agar kapasitor bank ini berfungsi maximal pada wiring yang benar2 membutuhkan suply arus darurat.

Untuk motor jenis lain seperti Mio J, Soul GT, Beat Fi, Scoopy Fi cara pasangnya cukup di pasang paralel dengan aki

Perlu di ingat bahwa Kapasitor ini mempunyai kutub negatif dan positif.

kapasitor - tanda negatif

Kutup negatif di tandai dengan garis atau tanda (-) pada sisi badannya.. Dan pemasangan tidak boleh terbalik.

Kutup Positif (+) kapasitor di hubungkan ke Kutub positif Aki, Kutub negatif (-) kapasitor di hubungkan ke Kutub Negatif Aki

Kalo terbalik gimana?????? Meledak masbroooo.. Gak percaya??? Coba aja :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

* ane belum sempet masang bro belum ada waktu buat bongkar.

Sebenernya simpel sih tapi karna Vario ane ada jamnya, jadi kalo nglepas kutub aki kudu seting ulang jam nah itu yang bikin ribet karna seting jam ane harus buka setang, spido dll.

Tunggu artikel selanjutnyah.

Semoga kepingin.


Vario 125 Penunggu Blog | MAZPED BLOG
Vario 125 Penunggu Blog 14 Maret 2013 Posted by MazPed in Seputar Vario Techno 125. Tags: modif vario 125 trackback. Maaf buat my Click 125. Aku harus tega

Bermain-Main Dengan Lampu LED | MAZPED BLOG
Bermain-Main Dengan Lampu LED 2 September 2012 Posted by MazPed in Modif, Seputar Vario Techno 125, Tips. Tags: lampu vario 125, LED, Soul GT

Jurigkamera | Sarebumegapixel
Uji coba capasitor bank buatan dengan accu soak Maret 12, 2014 Posted by jurigkamera in new vixion, Otomotif, review, sarebumegapixel, tips n trik.

MamFaat Pasang Kapasitor Pada Motor | Hourex150l's Blog
Kapasitor yang Saya pasang Pada Motor Harian Saya adalah jenis Elektrolit Capasitor a.k.a Elco,, Dan Saya mendapatkan Formula ini dari brosing ke

Engine | Xtra Ordinary Motoshop
Bro, saya baru ganti blok mesin mx gw pake punya vixion. kemarin dicoba pake kemnya punya vixion ada bunyi ngeswing gitu bro. tapi pas dibalikin lagi ke kem aslinya

selamat datang di blog home adl
cara menjalankan nya cari dulu nama folder yang anda hapus buka aja satu per satu seperti mencari file di komputer anda setelah terlihat perhatikan datanya apa

Headlamp H4 di Motor? Bisa dong aah.. | Tips Otomotif ...
Joshua HTML 0792 says: Om saft apa khabarnya,lama nggak ketemu di jalan heheheĆ¢¦ Om BroĆ¢¦boleh minta skema pemasangannya nggak?saya udah pasang H4,tapi

HONDA CRF70F naik CC jadi CRF110F, bisa diitiru buat ...
HONDA CRF70F naik CC jadi CRF110F, bisa diitiru buat modifikasi trail dengan mesin motor bebek 24 Juli 2012 Posted by ipanase megison in otomotif, safety riding

Mungkinkah Indonesia Membuat Pesawat Tempur Sendiri
Memang kata kunci dari jawaban pertanyaan ini adalah KEMAUAN. Kata kunci ini kita belum punya. Jangankan untuk buat pesawat tempur, yang lebih mudah saja

Priyadis Place » Blog Archive » Mempertanyakan Alat ...
172 Responses. Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting. Comment RSS: You can track

Previous
Next Post »