lalu sebenarnya mengapa di sebut mesin 4 tak . apakah ada artinya ? ya karena di dalam mengaktivkan mesinnya ada 4 langkah / tahap . yaitu sebagai berikut :
Intake
langkah intake karena langkah pertama adalah menghisap melalui piston dari karburator. Pasokan bahan bakar tidak cukup hanya dari semprotan karburator. Cara kerjanya adalah sbb. Piston pertama kali berada di posisi atas (atau disebut Titik Mati Atas). Lalu piston menghisap bahan bakar yang sudah disetting/dicampur antara bensin dan udara di karburator. Piston lalu mundur menghisap bahan bakar. Untuk membuka, diperlukan klep atau valve inlet yang akan membuka pada saat piston turun/menghisap ke arah bawah.
Kompresi
Langkah ini adalah lanjutan dari langkah di atas. Setelah piston mencapai titik terbawah di tahapan intake, lalu valve intake tertutup, dan dilakukan proses kompresi. Yakni, bahan bakar yang sudah ada di ruang bakar dimampatkan. Ruangan sudah tertutup rapat karena kedua valve (intake dan exhaust) tertutup. Proses ini terus berjalan sampai langkah berikut yakni meledaknya busi di langkah ke 3.
Pembakaran
Tahap berikut adalah busi pada titik tertentu akan meledak setelah PISTON BERGERAK MENCAPAI TITIK MATI ATAS DAN MUNDUR BEBERAPA DERAJAT. Jadi, busi tidak meledak pada saat piston di titik paling atas (disebut titik 0 derajat), tetapi piston mundur dulu, baru meledak. Hal ini karena untuk menghindari adanya energi yang terbuang sia-sia karena pada saat piston di titik mati atas, masih ada energi laten (yang tersimpan akibat dorongan proses kompresi). Jika pada titik 0 derajat busi meledak, bisa jadi piston mundur tetapi mengengkol crankshaft ke arah belakang (motor mundur ke belakang, bukan memutar roda ke depan).
Setelah proses pembakaran, maka piston memiliki energi untuk mendorong crankshaft yang nantinya akan dialirkan melalui gearbox dan sproket, rantai, dan terakhir ke roda.
Pembuangan
Langkah terakhir ini dilakukan setelah pembakaran. Piston akibat pembakaran akan terdorong hingga ke titik yang paling bawah, atau disebut Titik Mati Bawah. Setelah itu, piston akan mendorong ke depan dan klep exhaust membuka sementara klep intake tertutup. Oleh karena itu, maka gas buang akan terdorong masuk ke lubang Exhaust Port (atau kita bilang lubang sambungan ke knalpot). Dengan demikian, maka kita bisa membuang semua sisa gas buang akibat pembakaran. Dan setelah bersih kembali, lalu kita akan masuk lagi mengulangi langkah ke 1 lagi.
nah ya seperti itulah cara kerja sistem Sepeda Motor 4 Tak .sekian ulasan dari saya , sumber berita semua dari google.co.id maupun google.com. terima kasih
CARA MENYETEL KLEP PADA SEPEDA MOTOR - Tanijogonegoro ...
Menyetel klep pada sepeda motor biasanya dilakukan untuk menghemat bahan bakar atau untuk meningkatkan performa sepeda motor. Penyetelan
Teknik Sepeda Motor | Belajar Otomotif Online
I. DASAR TEKNIK SEPEDA MOTOR A. Komponen Utama Sepeda Motor Sepeda motor terdiri dari beberapa komponen dasar. Bagaikan kita manusia, kita terdiri atas
Motor Listrik Sepeda
Bertekad untuk merubah sepeda tua umur 18 th yang jarang digunakan menjadi sepeda listrik, setelah mencari brush less dc motor di Glodok dan seantero situs untuk
Teori modifikasi mesin
Kembali lagi berteori mesin motor pemirsah. Teknik bore-up di dunia motor singkatnya ialah memperbesar diameter piston dengan ukuran lingkar piston yang lebih besar
CARA MUDAH SETTING KARBURATOR MOTOR 4 TAK | Dunia Otomotif
Sering kali kendaraan sepeda motor kita mengalami gangguan yang rada menjengkelkan kita,,,kita kadang merasa sepeda motor kita terasa berat saat dibawa buwat gas
Sepeda Motor Listrik - Aku Ingin Hijau | Hal-hal kecil ...
Sepeda Motor Listrik. 21 April, 2008 at 13:33 131 komentar. Sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang terjangkau oleh masyarakat dan sangat efisien untuk
rahasia motor: cara membuat motor supra x 100cc kencang
STEP 1 (MEMPERBESAR MUTU API) Pengapian sangat berperan penting pada mesin motor. Bagian-bagian dari pengapian motor C-Series adalah sepul,magnet,CDI,coil
otomotif
Pertama, ketahui dulu jalur atau saluran yang bisa dipakai buat power jet. Yaitu, ada di mangkok dan bodi karbu bagian samping. Tapi, saluran ini masih dalam keadaan
Berburu Motor Klasik - ANNEAHIRA.COM
Ilustrasi motor klasik . Motor klasik semakin tua semakin asyik ditunggangi. Itulah slogan bagi penggemar motor kuno, dan menjadi motivasi dalam merawat tunggangannya.
Mengulik Jagat Motor Trail - - ANNEAHIRA.COM untuk Indonesia
Membicarakan dunia otomotif rasanya tak akan pernah selasai, terutama motor trail. Motor jenis ini memiliki keunggulan sendiri. Motor trail merupakan hasil dari
ConversionConversion EmoticonEmoticon