Teknik Sepeda Motor



Ok mungkin Sobat Bloger ada yang belum tahu apa itu AHO, AHO singkatan dari  Automatic Headlight On. Jadi Headlight atau Lampu kepala akan menyala langsung ketika mesin di hidupkan dan tidaka ada saklar untuk mematikan..

ok berikut cara mengkali mematikan fungsi AHO

seperti kita ketahui bahwa semua pabrikan motor saat ini sudah mengaplikasikan system ini pada semua line up motor2nya karena memang sudah ada aturan baku dari pemerintah

nah sistem ini memang sebenarnya bagus karena memang terbukti efektif dalam mengurangi tingkat kecelakaan dijalan pada beberapa negara yg sudah menerapkan sistem aho,tapi ada beberapa dari kita yg terkadang sungkan (termasuk saya) jika harus menyalakan lampu utama saat riding di gang masuk kompleks perumahan atau desa pada malam hari karena biasanya banyak orang2 yg cangkrukan (nongkrong :red) disana :D

nah pada artikel ini saya akan menshared,tips dan trik dalam mematikan fungsi AHO pada motor2 baru

sebelum menginjak pada rangkaian ada baiknya kita belajar dulu sistem kelistrikan lampu depan pada beberapa motor yg sudah berAHO ,berikut skema aho standart pada beberapa motor :



sistem pada aho dibagi2 yakni AHO-AC dan AHO-DC :
 

AHO-AC sumber tegangan lampu depan berasal dari spul lampu motor,motor2 yg menganut AHO-AC antara lain :mio-j , soul-gt , mio-gt , NVL ,beat-fi ,spacy-fi ,dll
 AHO-DC sumber tegangan lampu depan berasal dari aki , motor2 yg menganut AHO-DC antara lain : vario125 , cb150r , allnew cbr150 , cbr250 ,ninja250 , dll

  mohon koreksinya jika contoh2 motor diatas salah :D

 sebenarnya sistem AC maupun DC nantinya tidak jadi masalah kalo nantinya pengen di matikan, asalkan kita tahu kabel mana yg harus di potong,nah agar tahu kabel mana yg harus di potong silahkan lihat gambar skema aho modifikasi dibawah ini :

cara termudah dalam mematikan fungsi aho adalah dg memotong kabel supplay (ground) yg terhubung pada lampu,untuk warna kabelnya ,yamaha & kawasaki =hitam ,honda = hijau tua (awas kliru kabel hijau muda karena hijau muda = bel),nah potongan kabel tadi dapat di hubungkan dg sklar tambahan yg letaknya dapat anda tentukan sendiri ,contoh beberapa type saklar yg bisa digunakan :


rocker switch dan toggle switch
yg perlu di ingat adalah rating arus yg bisa di handel oleh saklar tersebut,contoh :lampu depan motor = 35W 12V maka rating arus untuk saklarnya adalah I(arus/rating saklar) = P (daya lampu) / V (tegangan lampu) jadi rating saklar = 35 / 12 = 2,916 dibulatkan menjadi 3A ,nah sebisa mungkin saklar yg anda gunakan lebih besar dari kalkulasi diatas (5 A misalnya) agar saklar yg anda gunakan lebih awet

jika dirasa penambahan saklar seperti cara diatas kurang praktis karena musti ngebor / melobangi body motor kesayangan anda , maka anda dapat menggunakan cara ke 2 dibawah ini :

 sistem ini menggunakan relay 8 pin untuk menggantikan saklar manual untuk memutus supplay   dari lampu utama , seperti yg terlihat pada gambar koneksi kabelnya antara lain: sumber tegangan dc = kabel dari kontak motor (honda = hitam/merah strip hitam , yamaha = cokelat) , dan untuk pemicunya dapat diambil dari sumber tegangan sementara seperti : bel , sein ,rem

kelebihan dari sistem ini adalah anda dapat menggunakan hampir semua saklar yg ada di stang (kecuali saklar dimmer) sebagai pemicu lampu depannya , contoh :anda dapat menyambung kabel pemicu ke bel / sein /rem maka sebelum tombol pemicu di pencet maka lampu depan tidak akan menyala,cukup sekali di pencet maka lampu langsung terus menyala dan untuk mematikannya anda harus mematikan kontak motor anda tentunya :D

tips : jangan lupa waktu membeli relay 8 pinnya cek tegangan kerja dan rating arus relaynya,tegangan coil relay = 12v rating arusnya >5A , harga relay ga nyampe 35rb

nah cukup mudah dan murah bukan ,and last sekali lagi saya tidak bertanggung jawab atas garansi motor anda setelah modifikasi ini dan mohon maaf karena cuma honda , yamaha dan kawasaki yg bisa saya berikan contohnya


Special Thanks https://diy4all.wordpress.com/2013/03/09/diy-mematikan-fungsi-aho-pada-motor/


Teknik Sepeda Motor | Belajar Otomotif Online
I. DASAR TEKNIK SEPEDA MOTOR A. Komponen Utama Sepeda Motor Sepeda motor terdiri dari beberapa komponen dasar. Bagaikan kita manusia, kita terdiri atas

Teknik Sepeda Motor
Teknik Sepeda Motor SMK AL-KHOERIYAH Ok mungkin Sobat Bloger ada yang belum tahu apa itu AHO, AHO singkatan dari Automatic Headlight On.

Teknik Motivasi
Blog tentang keteknikan sepeda motor : sistem mesin, sistem rangka, sistem kelistrikan, trouble shooting, alat ukur, dan berbagi cerita motivasi

Motor Listrik Sepeda
Bertekad untuk merubah sepeda tua umur 18 th yang jarang digunakan menjadi sepeda listrik, setelah mencari brush less dc motor di Glodok dan seantero situs untuk

Sepeda Motor Listrik - Aku Ingin Hijau | Hal-hal kecil ...
Sepeda Motor Listrik. 21 April, 2008 at 13:33 131 komentar. Sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang terjangkau oleh masyarakat dan sangat efisien untuk

kursus, mekanik sepeda motor - YouTube
Kunjungi juga kami, http://rempeyekkriuk.wordpress.com

FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MEMBELI ...
faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli sepeda motor baru merk nasha pada cv. dirgahayu motor

Category:Art materials - Wikipedia, the free encyclopedia
Pages in category "Art materials" The following 101 pages are in this category, out of 101 total. This list may not reflect recent changes .

AUTO CHAMPION TRAINING CENTRE JOGJA: MODIFIKASI SEPEDA MOTOR
Modifikasi Sepeda Motor CB 125. Saya punya teman seorang dokter hewan, namanya Suharyono, dia memiliki CB 125. Yang sudah bisa dikatakan hancur, tapi dia berambisi

CARA MENYETEL KOPLING SEPEDA MOTOR - Tanijogonegoro ...
Menyetel kopling pada sepeda motor merupakan bagian dari perawatan sepeda motor. Jika Anda tidak rajin melakukan pengontrolan terhadap setelan kopling

Previous
Next Post »