Modifikasi Motor: Pakai Limbah atau Aftermarket? KafeMotor

Posted by ilham in Komponen, Modifikasi.
trackback

enkei-gouletine2.jpgModifikasi yang sering disingkat para bikers dengan istilah modif, sejatinya dilakukan untuk meningkatkan performa dan tampilan. Biar lebih manis dan lebih fungsional. Hanya saja, kadang kita bingung modif mulai dari mana, dengan apa, di mana?

Bagi banyak orang modif dimulai dari tampilan. Sengaja demikian karena lebih mudah terlihat. Istilahnya agar tampil beda. Tampilan tersebut menyangkut bodi, sasis, stang, maupun ajrutan (kaki-kaki). Bodi bisa dicat-ulang agar lebih manis. Klir disesuaikan atau diberi sentuhan finishing yang lebih semarak. Bagi sebagian lagi, dimulai dari mesin dan sasis. Gunanya untuk meningkatkan kecepatan sekaligus memperbaiki pengendalian (handling).

Pertanyaan selanjutnya, dengan apa modif dilakukan. Apakah perlu menggunakan libah motor gede (moge) ataukah cukup menggunakan perangkat aftermarket?

 

Kebanyakan pemula modifikasi memulainya dari barang-barang yang tersedia dipasar yang disebut aftermarket. Di samping lebih murah, juga lebih mudah didapatkan. Tak kalah pentingnya gampang dicicil satu persatu.

Dalam kasus Indonesia, barang-barang aftermarket berkualitas masih relatif sulit ditemukan. Rata-rata barang yang ada di pasaran berasal dari Thailand dan China. Dengan modal meniru berbagai komponen versi motor buatan Jepang atau Italia yang lebih bermutu, pasar modifikasi kita dibanjiri berbagai perangkat pemanis motor.

Di negara seperti Thailand, hampir seluruh modifikasi didasarkan pada barang aftermarket. Demikian pula halnya di Eropa dan Amerika Serikat. Pertumbuhan industri manufaktur otomotif sudah sedemikian pesat sehingga hampir setiap tipe motor yang baru juga disertai versi upgrade modifikasinya. Di samping itu kultur industri otomotif di negara-negara tersebut membuat orang lebih nyaman dan cepat untuk memasang perangkat aftermarket yang tersedia di mana-mana daripada harus berburu limbah dan menunggu modifikasi selesai.

Bagi yang tidak puas dengan barang aftermarket sehingga ingin memodifikasi secara ekstrim, kebanyakan bikers berusaha mengaplikasikan limbah moge di besutannya. Keuntungan aplikasi perangkat moge, seperti garpu sok depan, swing arm dan sok set, hingga body set, memberikan tampilan lebih kekar dan stylish. Bahkan tidak jarang, limbah memberi keuntungan lebih dari sisi kekuatan dan kenyamanan.

Banyak limbah yang tersedia di pasaran saat ini untuk diaplikasi pada motor-motor sport turing seperti Tiger, Scorpio, atau Thunder. Yang sedang banyak dipasaran adalah limbah Aprilia rs 125, Cagiva Mito, Honda NSR Hornet, Suzuki GSXR 400, Honda CBR 400, dan Yamaha TZR. Total biaya untuk menebus limbah saja rata-rata dibutuhkan 5-7 juta. Dengan memasukkan unsur pemasangan, setting dan balancing ulang, serta ongkos pernak-pernik untuk merapikan modifikasi, maka biaya modifikasi dengan limbah bisa membengkak menjadi 7-10 juta.

Jika butuh yang lebih berkelas bisa juga mengorder limbah Aprilia RS 250, Honda RVF/VFR, bahkan Ducati versi Massimo Tamburini. Biaya pembelian limbahnya saja bisa mencapai 12-15 juta. Tambahkan ongkos pasang/setting dan pengrapian di sana-sini. Total biaya bisa mencapai 15-17 juta. Hanya saja limbah jenis ini harus diorder khusus karena tidak banyak tersedia dipasaran.

Menyangkut tempat modifikasi sangat bergantung pada komponen yang digunakan. Biasanya modifikasi barang aftermarket bisa dilakukan oleh montir semi profesional di bengkel-bengkel asesori motor. Ini mengingat barang aftermarket biasanya sejak awal dimanufaktur sesuai setting standar motor yang beredar dipasar dan bisa langsung pasang alias bolt-on.

Sebaliknya untuk pemakaian limbah moge, hampir dipastikan harus dilakukan dibengkel/workshop modifikasi. Sebab setiap limbah memiliki karakteristik yang belum tentu langsung padu dengan motor yang ingin dimodif. Karena itu, modif limbah lebih banyak memasukkan unsur kreasi seni bersama-sama dengan kemampuan mekanis sang modifikator. Selamat mencoba. Inga-inga, sekali terjangkit virus modif, menghentikannya harus dengan jual motor.

Pilihan motor edisi ini:
Pemilik: Enkei (Fandy Liong)
Pemodif: Jatayu Motosport.
Aliran: Sport
Nama motor: Gouletine 2nd Edition

Thanx 4 the Pic Bro Fandy!!!


Modifikasi Motor: Pakai Limbah atau Aftermarket? | KafeMotor
Modifikasi Motor: Pakai Limbah atau Aftermarket? Januari 1, 2007 Posted by ilham in Komponen, Modifikasi. trackback. Modifikasi yang sering disingkat para

Modifikasi Motor untuk Pemula | KafeMotor
Modifikasi Motor untuk Pemula Desember 29, 2006 Posted by ilham in Biker, Modifikasi. trackback. Banyak di antara kita yang suka modifikasi motor (modif

PSHYCOCYCLE BLOG: Kumpulan Motor Modifikasi
Jakarta - Veriz Valdy tahun 2000-an demen pakai motor sport full fairing 2 tak, yaitu Honda NSR 150SP. Tampilan keren, pakai pro arm dan mesin kencang, ujarnya

Pilihan Swing Arm Aftermarket, Bolt On Untuk Ninja 250R ...
Sobat yang ingin motornya lebih fashionable lewat lengan ayun aftermarket, silakan lirik pilihan berikut ini. Yang pasti, bisa aplikasi pelek dan ban lebar.

Ninja 250 + Limbah Moge Haruskah ? ~ comunity_ninja250
Pasang sendiri!!! Berikut gue kasih harga limbah moge per 15 april 2010 Upside Down Radial GSXR 600 (2007) As Hitam, Tabung Gold + Segitiga Atas dan Bawah

TOKO BOX GIVI JOGJA | Otomotif Satu
Incoming search terms: daftar harga box givi; kaskus jual Box Alumunium model kotak utk motor Vario 125 cbs; givi jogja; sistem pemasangan bracket di sasis untuk

Scorpio Riders Community | Keep Brotherhood, Safety Riding ...
Pasang Rem Cakram Belakang di Scorpio. OTOMOTIFNET Dari pabrik pembuatnya alias PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), Scorpio emang udah dirancang pakai rem

kawasaki klx 150 tahun 2009 mantap nih gan. (bandung ...
permisi agan smua mw numpang jualan motor kesayangan ane kawasaki 2009 akhir bulan 11(putih hijau)..udh full modifikasi tinggal GASSSSSs aja, ane modifikasi

Share of my interest
Mod: CBR turbo. Searching2 di internet tentang Honda CBR turbo modifikasi, menemukannya sulit sekali +susah. Padahal Honda lah yang merintis turbo bike pada era motor

Kumpulan Foto - Foto Motor Drag Terbaru 2013
Modifi Soul older model robots Similar Motor | yamaha mio sporty Motor Modification CLASS CONTEST Mio Soul 2007 WAH make awe 2005 Racing Look CONTEST class Yamaha MIO

Previous
Next Post »