YAMAHA NEW JUPITER MX VS HONDA CS1 ? kenceng new JUPITER

Posted by ipanase megison in komparasi, opini, sepeda motor.
Tags: cs1 vs mx, komparasi jupiter mx vs honda cs1, mx vs cs1, pertamax, pertamax 7, pertamax gan, pertamax7, top speed honda cs1, top speed jupiter mx
trackback

31 mei 2012

melihat artikel bakar-bakaran yang terjadi di blognya lek iwb, ane pun sedikit tertarik buat membahas masalah klasik lenceng-kencengan antara jupiter mx vs honda cs1

mx vs cs1

nah, beliau mengungkap kisah lama dari tabloid otomoif tentang komparasi jupiter mx vs cs-1 vs supra x, namun kali ini ane lebih menyorot ke mx vs cs1, nih tabel perbandingannya, rada sesuatu nih, rancu, baik cara pengetesan, bahan bakar, pembacaan speed sama waktu, plus ini kan komparasi jaman dulu, wong bukan new jupiter mx, hanyalah mx biasa itu..

mx vs cs1  tabel

kalo penilaian dari spek sampe model, udah dijelasin sama blogger kawakan pak bonsai di artikelnya, yang semuanya ane kutip mentah2

A. Spek
Ni dia spesifikasi New Jupiter MX:
Harga : non cluth Rp 15,7 cluth Rp 16,4 juta (OTR Jakarta)
Panjang x Lebar x Tinggi : 1.960 mm x 695 mm x 1.080 mm
Tinggi Tempat Duduk : 775 mm
Jarak Antar Roda : 1.255 mm
Jarak Ke Tanah : 130 mm
Kapasitas Tangki : 4 Liter Berat Isi : 116 kg
Tipe Mesin : 4 Langkah, 4 Valve SOHC, Berpendingin Cairan
Diameter Langkah : 54,0 x 58,7 mm
Kapasitas Silinder : 134,4 cc
Susunan Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
Perbandingan Kompresi : 10,9 : 1
Power Max : 9.21kW (12,43dk) / 8500rpm
Torsi Max : 12,14 Nm / 6000 rpm
Oli Mesin : Total 1.150 Liter
Transmisi : Return, 5 Percepatan (1-N-2-3-4-5)
Kopling : Basah, Kopling manual, Multiplat
Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
Tipe Rangka : Diamond
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Monocross
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Cakram
Ban Depan : 70/90-17M/C 38P
Ban Belakang : 100/70-17M/C 49P

Spesifikasi lengkap CS-1:
Harga : Rp17.190.000,- (OTR Jakarta)
Panjang X lebar X tinggi : 1.923 x 682 x 1.042 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.251 mm
Jarak terendah ke tanah : 130 mm
Berat kosong : 114 kg
Tipe rangka : Twin Tube Frame
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Tunggal ( Monoshock )
Ukuran ban depan : 70/90 17 M/C 38P
Ukuran ban belakang : 80/90 17 M/C 44P
Rem depan : Cakram hidrolik dengan piston ganda
Rem belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Kapasitas tangki bahan bakar : 4,1 liter
Tipe mesin : 4 langkah, OHC, pendingin air
Diameter x langkah : 58 x 47,2 mm
Volume langkah : 124,7 cc
Perbandingan Kompresi : 10,7 : 1
Daya Maksimum : 12,8 PS / 10.000 rpm
Torsi Maksimum : 1.04 kgf.m / 7500 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis : Manual. multiplate wel clutch
Gigi Transmsi : 5 kecepatan
Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5
Starter : Electrik Starter & Kick Starter
B. Power
Perombakan MX bukan cuma ganti baju, Yamaha juga melakukan upgrade bagian mesin terutama pada gearbox versi manual clutch menjadi 5 speed. Lalu menyematkan Kruk as dan crank case baru yang pastinya terjadi perubahan performa dari Jupi MX terdahulu. Klaim pabrikan terjadi peningkatan power sebesar 1,19 HP menjadi 12,52 HP / 8500 rpm dan torsi 12,14 Nm/6000 Rpm, makin kencang dan cepat berakselerasi, dan hampir sama dengan CS1. Dari data pabrikan honda, CS 1 mampu menyemburkan tenaga sebesar 12,8 PS atau  setara (12,54 HP)/10000 rpm dengan torsi sebesar 1,04 Kgf.m atau setara (10,4Nm)/8500rpm cmiiw.
Data pabrikan tersebut mengatakan Cs1 menang tipis dari sisi power, namun kalah dari sisi torsi, mungkin karakter ini di dapat dari tipe mesin yang over bore yang memiliki karakteristik tenaga besar diputaran atas. Berbeda dengan Jupiter MX yang lebih mengandalkan torsi dari pada tenaga mesin, karakter ini lebih cocok untuk mobilitas perkotaan yang stop n go, dan lebih mengandalkan akselerasi dari pada top speed. Tetapi ini kesimpulan sementara berdasarkan klaim pabrikan, yang biasanya didasarkan pengukuran tenaga dan torsi dari mesin.
Ketika keduanya diuji dengan DYNOmite di Ultraspeed Racing (UR) di Jl. H. Mencong No.42, Ciledug, Tangerang, CS 1 masih digdaya dari sisi power dengan hasil 11,90hp/9348rpm dibanding MX 2011 yang 10,57hp/7661rpm. Lalu torsi MX lebih unggul sebesar 11,1Nm/4956rpm dibanding CS1 yang 9,073/8125rpm. Hasil tes dyno diatas seolah-olah ingin  menegaskan bahwa karakter mesin keduanya memang berbeda. Jupiter MX diuntungkan dengan torsi yang besar sehinga menyebabkan motor cepat berakselerasi di putaran bawah menengah apa lagi saat ini telah menggunakan gearbox 5 speed yang pastinya lebih gesit lagi berakselerasi, sedangkan honda CS 1lebih beringas di putaran atas yang menjadikan motor ini lebih memiliki aura sport yang lebih sering bermain di putaran atas. Dari konsumsi bahan bakar Jupiter MX yang mesin nya lebih torque seharusnya lebih irit karena tidak perlu membetot gas terlalu dalam motor udah langsung ngacir. Berbeda dengan CS1 yang butuh putaran mesin lebih tinggi untuk mencapai peak powernya.
D. Top Speed
Nah ini dia yang sangat membuat debatable, karena banyak yang bilang di track lurus saja CS 1 sanggup mengalahkan Vixion, walau statmen ituperlu dibuktikan lebih akurat, namun perlu dipertimbangkan, karena MX ccnyalebih kecil dari Vixion. Beberapa memang test telah dilakukang dengan hasil variatif. Sebuah masukan bahwa di trek kira-kira 1 km top speed mx lama 118-120kpj, top speed new mx di 120kpj, top speed cs di 122. Lebih propokatif lagi lihat blognya kang snalpot di http://sijidewe.wordpress.com/2011/02/11/kenceng-kencengan-motor-memang-tidak-ada-habisnya/, disitu dibahas beberapa tap sped motor kencang yang salah satunya adalah CS1 dan MX. Disebutkan CS1 Top Speed 133 km/h by Fikkar.com
D. Ergonomi
Salah satu pertimbangan pilihan dalam pemilihan motor adalah ergonomi, beberapa brader yang suka meliuk-liuk mengatakan ergonomi cs1 lebih nyaman di bandingkan new jupiter mx karena posisi setang ala jet ski cs1 lebih nyaman ketimbang kompetitornya new jupiter mx. Namun bila anda seorang yang suka bawa barang ataubonceng anak didepan, yatetntu pilih MX, lebih bisa bawa muat barang banyak.
E. Model
Banyak yang bilang model CS 1 aneh, lalu kayak reog, namun begitu tetep saja nih motor belakangan ini makin banyak berseluweran di jalan. Sementara MX ya sebagimana bebek lain namun lebih futuris dan bahkan ada yang bilangmirip robot. Selebihnya mongosesuai selera.

soal kenceng-kencengan memang nggak ada habisnya, katanya kenceng MX lah, kenceng CS1 lah, ya tergantung ridernya dunk, plus trek, bahan bakar, dan faktor2 penunjang lainya, toh di tabel komparasi juga masih rancu, ngukurnya pake race logic atau cuma pake stopwatch, atau malah cuma pake feeling, bisa kacau ( semoga tidak ), plus pembacaan kecepatan juga belum jelas pake race logic itu, gps tau menggunakan speedometer bawaan, ( ingat, deviasi speedometer , jangan mudah percaaya dengan topspeed di speedometer, banyak bonknya gan, biar sapety Open-mouthed smile )

dari judul aja dah kesanya mbingungi dan memihak, eeeittss, tunggu dulu, bukan berarti ane FBY atau malah FBH, dari judul YAMAHA NEW JUPITER MX VS HONDA CS-1  ?  kenceng new JUPITER MX GAN :D yang ane maksud kencang dalam artian artikel ini adalah kencang dalam sektor PENJUALANYA, CATET !!!

berdasarkan data  aisi  yang ane kutip dari autoblogindonesia yamaha new jupiter MX pada bulan Januari 2012 terjual 36.098 unit, sedangkan penjualaan honda CS1 sungguh mengenaskan, yakni sebesar 1.988 unit ( dari autoblogindonesia lagi ), nah, sudah cukup jelas bukan, kalau yamaha new jupiter MX jauh LEBIH kencang PENJUALANNYA dari pada honda CS1 yang kurang laris dipasaran, entah kenapa produk honda eksotis ini kurang begitu diterima pasaran, ada yang bilan aneh lah, hidrocepalus lah, kebesaran kepala lah, REOG lah, DOMBA GARUT lah, kasihan Sad smile

kencang PENJUALAN JUPITER MX KAN????

kalo masalah TOP SPEED, mau jalan berapa KM/ jam? mau ngebut dimana? mau ngebut koq pake BEBEK, dijalan raya lagi, ckckckc, kalo mau KENCANG minimal 200 KM/jam ya ke sirkuit aja BRO, pake MOGE, kan PAS gitu, maka dari itu, soal mau kenceng kencengan di jalan itu BUAT APA??????? cuma gara2 komparasi kayak gitu aja ribut ( kata juragan rondo )

maaf jika salah, menerima krtik yang membangun, 

wonogiri sukses

asekkkkkkkkk

pertamax

ini ceritaku mana update-an mu

-7.797224110.368797


Komparasi Bebek Suzuki Axelo 125 vs Honda Supra X125 vs ...
120 gagasan untuk Komparasi Bebek Suzuki Axelo 125 vs Honda Supra X125 vs Kawasaki Edge vs Yamaha New Jupiter Z

Komparasi head to head Jupiter MX vs. CS1 vs. SupraX125 ...
Komparasi head to head Jupiter MX vs. CS1 vs. SupraX125. Diasil silinder unggul mutlak!! Mei 30, 2012 Posted by Iwan Banaran in Otomotif.

Bengkel Motor: Jupiter MX vs Supra X PGM-FI
Jupiter MX vs Supra X PGM-FI merupakan Produk yang imbang kualitasnya. Tetapi tergantung selera kita masing-masing.

Seputar Oprek Mesin Motor: Korek Harian Yamaha Jupiter MX ...
Untuk merubah Yamaha Jupiter MX menjadi 150cc sangatlah mudah. Yang diperlukan adalah blok mesin dan piston set Yamaha Vixion. Untuk ubahan sangat minim

Update New Jupiter MX Injeksi, seperti apa ...
Trnyata mx lg bner di buat injeksi ny injeksi,Krna indonesia pnyumbang bsar untuk yamaha,Mka ny mx agak lama terbit,Kmungkinan bhan bakar lah yg bnar di

Yamaha R15 V2 vs Honda CBR150R.komparasi head to head ...
Yamaha R15 V2 vs Honda CBR150R.komparasi head to head!!! Mei 13, 2012 Posted by Iwan Banaran in Honda, Otomotif, Yamaha. trackback. Bro dan sis sekalianbanyak

Yamaha Byson Vs Honda New Megapro, sangat ketat | masdoe.com
Yamaha Byson Vs Honda New Megapro, sangat ketat. jumpa lagi di masdoe.com seperti yang saya bahas di postingan sebelum ini (link), bahwa persaingan antara honda mega

Compare Suspensi Yamaha Honda Suzuki. empukkkk ...
makane rider2 mio/jupiter klo pas jalan alus kenceng pol,giliran enek poldur langsung rem keras alias alon2 bgt,kadang2 malah pas melintas poldur dilibas dgn cara aga

anda malu dengan Desain Honda CS1 ??? SALAH BESAR ...
HONDA CS1 adalah salah satu produk honda yang di keluarkan beberapa tahun lalu, dengan kubikasi mesin 125 cc yang konon mengadopsi dari honda sonic mesin

Oto2's Custom | MOTO DESAIN TANPA BATAS
baru saja ikutan launching Yamaha X-Ride di center point mall Royal Plaza Surabaya, Oto2 langsung nyari-nyari versi modifnya yang sempat dapat oleh-oleh dari Bangkok

Previous
Next Post »