Mau tahu perbedaan karakter matic Honda vs Yamaha

Posted by Iwan Banaran in Otomotif.
trackback

Inilah hanyalah impresi pribadi. Memang tidak terlalu penting tapi siapa tahu akan berguna dan bisa membantu sebagai petunjuk bagi para brother diluar sana yang berniat dan mau beli motor skutik untuk menemani beraktifitas sehari-hari

Kebetulan IWB dulu pernah punya Mio selama dua tahun. Lansiran tahun 2007 tapi kemudian dijual. Sedang skutik Honda.IWB menggunakan matic Beat, Techno sebagai alat transportasi seminggu selama pulang kampung kemarin. Maklum mzbrosemua saudara disana memilih matic besutan Honda ketimbang Yamaha. Alasannyaenak dipakai. Entah apa maksudnya enak disini. Tapi brand Honda diJawa Timur memang tidak ada matinya. Oke langsung saja.

Untuk skutik Yamaha. MioSoul atau Xeon rata-rata mempunyai suspensi keras. Alhasil kurang nyaman jika dipakai melibas jalanan rusak atau bergelombang. Goncangan langsung menjalar kestang serta jok tempat duduk. Ditambah karet bundar pabrikan garputala berukuran lebih kecil dibanding matic Honda yakni 70/90-14inch depan, 80/90-14 inch belakang. Sedang skutik HondaBeat, Techno, Scoopy mempunyai suspensi lebih soft plus ban besar ( front 80/90-14, rear 90/90-14inch). Efeknya.goncangan yang dihasilkan  roda bisa diredam sempurna oleh shockbraker. Makanya untuk urusan melibas jalanan non aspal atau rusak, matic Honda lebih nyaman dibanding Yamaha. Tapi tidak untuk manuver ekstrim dijalanan mulus.

Berkat pengaplikasian suspensi stiffnya, Matic Yamaha khususnya Mio handling serasa mantap ketika dipakai nikung atau manuver dijalanan mulus. Ditekuk kiri kanan nurut. Mau rebah tidak ada komplain. Walau bukan berarti handling matic Honda inferior, namun tidak bisa dipungkiri level matic Yamaha sedikit diatasnya. Terus gimana dengan mesin?. Ini nih yang menarik. Kendati produk Yamaha terkenal dengan accelerasi bawah.khusus Mio tidak berlaku (Xeon tidak dimasukkan sebab perbedaan diplacement yang begitu jomplang). Rata-rata skutik Honda ngacir sejak dibetot dari bawah. Makanya kalau untuk stop dan goIWB jamin responsif skutik Honda. Sekali puntir.wussss sudah tembus angka 60km/jam. Sedang Mio.butuh jedah beberapa saat alias terasa ngayun dulu baru lari. Tapi.jangan merasa underdog dulu mzbro

Top speed matic pabrikan garputala lebih mumpuni. Dalam test yang IWB lakukan, Mio bisa tembus 115km/jam (versi speedo). Sedang Beat ketika sudah lewat angka 90km/jamagak susah naiknya. Sama-sama kondisi menunduk, berat badan IWB 78kg, kecepatan puncak Beat 105km/jam. Sedang Techno lebih parah lagihanya 100km/jam. Bisa jadi akibat body techno yang lebih berat ketimbang rivalnya. Itu urusan top speed, gimana dengan mesin??. Yupmatic Honda punya ciri khas dengan suara dinamo elektrik starternya yang keras. Sedang matic garputala cenderung halus. Hanya as matter of sound aja. Sebab keawetan dan fungsi sami mawon. Beda dinamo beda pula dengan vibrasi engine secara keseluruhan. IWB merasa getaran mesin skutik Honda lebih halus. Khususnya pada stang dan pijakan kaki.

Yupitulah sekilas perbedaan karakter skutik pabrikan Honda dan Yamaha berdasarkan impresi pribadi sesuai feeling dan pengalaman dilapangan. Bukti bahwa tidak ada produk yang benar-benar sempurna sebabpasti ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. Btw..ada yang mau nambahi mzbro?? (iwb)


Mau tahu perbedaan karakter matic Honda vs Yamaha ...
Mau tahu perbedaan karakter matic Honda vs Yamaha?? Agustus 13, 2011 Posted by Iwan Banaran in Otomotif. trackback. Inilah hanyalah impresi pribadi.

Apa sih perbedaan X-Ride dibanding matic Yamaha lain ...
Apa sih perbedaan X-Ride dibanding matic Yamaha lain??. April 1, 2013 Posted by Iwan Banaran in Otomotif, Yamaha. Tags: X-ride, Yamaha trackback

Komparasi Honda New Megapro VS Yamaha Byson Versi TMCblog ...
Komparasi Honda New Megapro VS Yamaha Byson Versi TMCblog.com Agustus 24, 2010 Posted by Taufik in Honda, yamaha. Tags: Honda New Megapro, Yamaha Byson

Motor Cepat
Desain lampu depan nyaris sama Namun Motor Yamaha memiliki kelebihan di banding pesaingnya yakni pada tipe ini telah menerapkan daytime running light (DRL) atau yang

Motorklassikku | Blog Motor Tersesat Se-Jakarta Selatan
Motor-motor big matic seakan-akan berlomba menjual tampang bongsor, elegan, ekslusif dan nyaman, tetapi mayoritas terlihat anak baik-baik. Honda dengan

Yamaha V-IXION 150 | Indo Bikers - Galeri Foto
Mas Eto . Untuk injeksi & deltabox itu bukan teknologi modrn mas tapi sudah lama ada khususnya di Honda & Suzuki tapi kalau untuk Yamaha emang baru

Review Honda Civic Genio | Safety First !!!
Sekitar 4 tahunan penulis pernah menggunakan Honda Civic Genio sebelum berpindah tangan ke seorang teman. Dalam kurun waktu yang cukup lama tsb tentunya

Bengkel Motor: Jupiter MX vs Supra X PGM-FI
kelemahan pada supra x 125 baik karbu maupun injek : 1. kerangkanya tidak sekuat yamaha, ketika qt mengendarai honda pasti qt merasakan ban blkang bocor pdhl tidak

Bengkel Motor: Pilih-pilih OLI MOTOR
cuii,w dari awal gue ga baca pembahasan tentang oli matic,. motor gue yamaha mio soul 2009,.oli apa cui,yang cocok, gue cee pake oli yamalub matic,

Perbandingan Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga | Autonet Magz ...
Wahh.. terima kasih bwt autonetmagz bwt reviewnya.. cpt banget di request lgsung dibuatin perbandingan ertiga vs mobilio.. seems fair.. bwt yg cari nyaman pilih

Previous
Next Post »