Honda NSR 150 R Motor Sport Legendaris Oto-id.Com

Honda NSR 150 R pertama kali masuk Indonesia pada tahun 1993, saat itu Honda mendatangkan NSR ini dalam bentuk CKD dengan beberapa komponen rangka, bodi dan part mesin sudah mulai diproduksi dan dirakit di Indonesia. Dan inilah awal motor sport 2 tak berteknologi tinggi hadir di Indonesia.

Sampai pada tahun 1999 honda memutuskan untuk melakukan full import atau mendatangkan NSR 150 dengan CBU. Dan setelah itu Honda NSR 150 tidak lagi diimport oleh AHM tetapi oleh impotir umum. NSR 150 R jelas tidak punya lawan yang sepadan kala itu Karena teknologi yang diaplikasikan tergolong sangat tinggi kala itu, seperti rangka sudah menggunakan full delta box murni untuk motor balap, selain itu pendingin mesin radiator juga belum ada motor sport lokal yang memakainya dan teknologi RC Valve yang menjadi unggulan Honda NSR.

Dan tidak perlu lama bagi NSR 150 R untuk membentuk iamge yang cukup kuat dimasyrakat sebagai motor sport mewah dan berteknologi tinggi. Sayangnya ketenaran motor NSR 150 R ini tidak didukung oleh tersedianya spare part atau suku cadang, baik yang fast moving atau death moving. Sehingga perlahan-lahan Honda NSR 150 semakin ditinggalkan.

Berikut oto-id berikan informasi tentang generasi NSR 150 R selama berada di Indonesia.

Honda NSR 150 R 1994

Honda NSR 150 R 1994 Honda NSR 150 R Motor Sport LegendarisHonda NSR-150 R pertama kali diluncurkan sudah menggunakan teknologi RC Valve, yakni perangkat tambahan pada lubang buang, berupa katup butterfly dan terkontrol oleh CDI. Mekanismenya, saat RPM rendah menutup sepermapt lubang buang, kemudian akan membuka lebih lebar ketika RPM mesin beranjak naik, kondisi demikian yang membuat mesin putaran bawah lebih bertenaga namun lebih jinak. Namun performa mesin diputaran menengah atas lonjakan speed akan sangat terasa drastis.

Pada awalnya Honda NSR 150 R tersedia dalam warna putih dengan grafis tebal dominan kombinasi waran biru difairing dan biru muda difairing bawah hingga buritan. Dipadukan dengan warna rangka delta box, sok depan, swing arm dan tromol yang berwarna silver. Dan calter mesin berwarna hitam.

Behel mengadopsi model elipd lebih rebah sehingga tampilan semakin aerodinamis dan berwarba hitam seperti mesin. Setang kemudi sudah mengaplikasi model jepit, dipadu dengan sok belakang model monosok. Rem depan sudah memakai cakram namun belakang masih rem tromol.Dan kelistrikan disuplai oleh aki 8 ampere.

Honda NSR-150 R 1995

Honda NSR 150 R 1995 Honda NSR 150 R Motor Sport LegendarisSetelah mengetahui minat pasar Honda NSR-150 R yang makin membludak, maka diluncurkan warna lebih ke kawula muda. Warna hijau dan putih, dimana warna hijau untuk segmen pria mapan, putih untuk remaja.

Selain perubahan warna generasi kedua Honda NSR-150 R ini kapasitas aki berubah menjadi 12 ampere untuk memaksimalkan pengapian yang telah menganut sistem AC-DC.

Honda NSR-150 R 1996-1998

Honda NSR 150 R 1996 Honda NSR 150 R Motor Sport LegendarisPada tahun in terjadi perubahan desain behel yang lebih tegak dan berwarna silver. Selain itu dilincirkan pula konsep warna Nastro Azzuro yang berbasis warna biru bergrafis tebal putih dan kuning. Sedangkan warna rangka berubah menjadi silver gelap. Monosok belakang juga berubah warna merah pada spiralnya yang menandakan suspensi lebih keras namun lebih stabil kala digeber dengan kecepatan tinggi.

Honda NSR-150 Astra 1999

Honda NSR 150 Astra 1999 Honda NSR 150 R Motor Sport LegendarisVarian ini merupakan hasil pengembangan Honda Racing Thailand, dengan terjadinya perubahan program kurva pengapian pada CDI. Yang terjadi perbaikan di putaran bawah. Selain itu pada desain poting blok silinder juga terjadi perubahan, selain itu kabel pengisian dari spul ke battery lebih besar.

Sehingga power Honda NSR-150 RR atau Honda NSR 150 Astra ini akselerasinya lebih baik. Nama Astra diambil dari nama importirnya yakni Astra Honda Motor. Desain bodinya cenderung didominasi lekukan yang terkesan bongsor dan modern mirip gaya Italia.

Fairing depan menggunakan double headlamp berbentuk bulat, sama halnya dengan lampu belakang yang juga menganut model bulat dua biji. Dan tipe ini beredar hanya berwarna merah jambu, dan jok sudah bermodel berundak.

Honda NSR-150 New RR 1999

Honda NSR 150 New RR 1999 Honda NSR 150 R Motor Sport LegendarisVarian ini merupakan transisi, karena ketika ditinjau desain bodi mirip NSR-150 SP dan memakai mesin NSR 150 Astra. Untuk tampilan warnanya lebih atraktif, dengan berbasis kombinasi warna merah, kuning, dan putih. Juga ada tambahan striping tema grafis aksen hitam, serta tambahan tulisan NSR ungu.

Untuk kontruksi rangka masih sama dengan NSR 150 Astra, suma dimenasi delta boxnya lebih besar dan berwarna silver sama dengan warna sok depan dan swing arm, sedangkan untuk pelek mulai menggunakan cast wheel palang tiga warna putih.

Desain bodi memiliki banyak persamaan, hanya buritannya lebih meramping ditengah, sehingga sub frame belakang lebih terlihat. Dan untuk lampu depan sudah menggunakan dobel trapesium sedang stop lamp ada tambahan relief dobel bulat dalam satu kemasan.

Honda NSR-150 SP 2000

Honda NSR 150 SP 2000 Honda NSR 150 R Motor Sport LegendarisMasuk tahun 2000 NSR 150 New RR berubah menjadi NSR 150 SP, dan saat masuk Indonesia diimport oleh importir umum dan tidak boleh masuk bengkel resmi Honda. NSR 150 SP ini merupakan final project dan terbaik dikelasnya. Desain bodi masih mirip dengan NSR 150 New RR, bedanya pada kaki belakang NSR 150 SP sudah menggunakan lengan ayun tunggal (pro arm).

Untuk mesin perbedaan cukup jelas dengan versi sebelumnya, sebab NSR 150 SP merupakan turunan teknologi dari NSR 250 MC versi GP. Dengan adanya pembenahan counter weight crank shaft, untuk meringankan putaran bawah serta meminimalisir getaran saat dipacu hingga top speed. Porting silinder blok juga ada pembenahan, bawaan produk kontur kulit jeruknya tipis.

Selain itu karbunya juga berganti keihin 28 mm yang hingga sekarang menjadi primadona khususnya bagi arena balap. Warna yang beredar memakai konsep warna Repsol dari kombinasi steel blue, putih, dan oranye, serta tambahan akesn merah bertuliskan Repsol.

Pencarian Untuk Artikel ini :

honda nsr, honda nsr 150, motor nsr, nsr 150, honda nsr 150 R

Tags: motor honda motor sport

Author: otolover

Ricky adalah penulis dari blog ini, tertarik dunia otomotif sejak SMP kelas satu dan sempat menjadi anak bengkel pada semasa SMA-nya, salah satu kreatifitasnya adalah modifkasi Yamaha Jupiter Z nya yang keren bergaya funky bike sekaligus kencang buat adu kebut 200 meter.


Honda NSR 150 R Motor Sport Legendaris | Oto-id.Com
Pencarian Untuk Artikel ini : honda nsr, honda nsr 150, motor nsr, nsr 150, honda nsr 150 R. Tags: motor honda motor sport

Honda B engine - Wikipedia, the free encyclopedia
The B-series are a family of inline four-cylinder DOHC automotive engines introduced by Honda in 1989. Sold concurrently with the D-series which were primarily SOHC

Honda CR-X - Wikipedia, the free encyclopedia
The Honda CR-X, originally launched as the Honda Ballade Sports CR-X in Japan, is a front-wheel-drive sports compact car that was manufactured by Honda between 1983

Inspirasi Modif
modifikasi motor honda yamaha suzuki kawasaki vixion beat rx king mio thunder satria fu ninja byson CBR CB150cc jupiter megapro tiger revo vario

Honda - frequently asked questions - CMSNL
What are Honda Colour Codes? This listing is a service provided by CMS. We cannot assist you in the supply of paint nor can we provide you with the code that is

Honda Dealers & Suppliers - MicaPeak
A Big Kahuna Motorcycle Tours & Rentals 407 Seasibe Ave Honolulu, HI 96815 USA +1 (808) 924-2736; Web site: http://www.bigkahunarentals.com/ Big Kahuna Motorcycle

Kompilasi top speed motor-motor yang pernah IWB test ...
inilah motor yang pernah ane tes ride top speednya.kondisi standar dealer (kecuali ada keterangannya) bobot ane 85Kg. 1.F1ZR 2003 120kpj 2.SUPRAFITNEW 110kpj > ganti

Parts, Spares for Honda Motorcycles, All Models at ...
Parts for Honda Motorcycles . Below is the list of model we currently have for Honda. If there is any models you are looking for and you can't see them online then

nova Dash RS vs Stella .. 125 cc sama-sama thai sport ...
Saya Mattteo zuka komen sama itu balap motor bai de wai blog ini memang zuka sekali bahas motor2 legenda zaman dulu, saya suka itu secara Nova dash sudah

Vehicle Parts, Breaking Vehicles, Wheels & Tyres at Motorhog
Enter your registration number to see parts, tyres and breakers matching your vehicle

Previous
Next Post »