dan sebarkan informasi ini pada kawan-kawan.
mengingat energy listrik yang dihasilkan untuk kepentingan pengisian aki maka arus listrik dirubah dari ac (arus bolak balik ) menjadi arus DC (arus searah ) dengan menggunakan diode.
berhubung arus listrik yang dihasilkan alternator motor cukup besar dan voltase cukup tinggi jika langsung terhubung ke aki atau ke lampu, dimana dampaknya akan menyebabkan aki dan lampu cepat rusak, maka diperlukan sebuah regulator/kiprok, tujuan regulator ini agar pengisian ke aki dan ke lampu bisa seimbang. sesuai dengan kebutuhan.
Listrik yang dihasilkan dari alternator motor baik voltase dan arus listrik untuk memasok energi ke aki maupun ke lampu dikendalikan oleh sebuah alat yang bernama kiprok/regulator..
Ada dua katagori besar cara kerja kiprok tetapi tetap mengacu basis voltage yaitu :
- Basis voltage tegangan aki, contohnya jika voltase aki sudah mencapai tegangan maksimal sebesar 14,2 volt, maka pasokan arus listrik terhenti terputus. atau mengecil, jika voltase aki masih dibawah angka tersebut maka arus listrik tetap dipasok oleh kiprok.
- Basis voltase tegangan output stator, contohnya setingan kiprok 13,5 volt pada saat generator motor mencapai tegangan 13,5 volt, walaupun aki belum penuh diode zener membuka saluran memerintahkan SCR membuang kelebihan voltage / energy ke ground.
Seperti pada gambar dibawah ini rangkaian isi kiprok tipe single maupun 3 phase ketika motor dihidupkan komponen diode bridge langsung bekerja memasok energi ke aki yang dihasilkan alternator, ketika tegangan aki sudah mencapai setingan pabrik misalnya 13,5 atau 14,2, maka diode zener mulai aktip untuk membuka saluran gate SCR maka terhentilah pasokan listrik ke aki,atau mengecil, sebagian aliran listrik kembali lagi ke stator.
Modifikasi Kiprok / Regulator voltage Model Uncle Zak
cara ini sangat sederhana hanya menggunakan dua buah diode seperti pada gambar dibawah ini ;hasil sangat mantap energi terus dipasok ke aki sampai kondisi aki full charge 100 %, namun tetap terkendali tegangan voltase.kiproknya.
cara kerjanya :
penambahan diode arah katoda menuju kiprok fungsinya untuk "membohongi diode zener" tegangan aki terpotong 0,6 volt oleh diode. dan diode zener pun belum aktip mengangap aki belum penuh.maka saluran gate SCR masih tertutup, diode bridge terus memasok energy listrik ke aki sampai tegangan 14,8 volt saat tegangan aki lewat angka tersebut maka diode zener mulai aktip membuka saluran gate SCR maka pasokan listrik ke aki terhenti atau mengecil.sebagian aliran listrik kembali lagi ke stator
contoh misalkan setingan kiprok pabrik 14,2
Diode katoda arah aki fungsinya memasok energy listrik ke aki
Modifikasi Kiprok Lewat Jalur Kabel Positip
Modifikasi Kiprok Lewat Kabel Negatip
Langkah-langkah modifikasi :
ukur terlebih dahulu voltase standar kiprok pabrik dengan alat voltmeter digital ukur tegangan aki, mesin hidupkan tancap gas amati volmeter, perhatikan tegangan aki jika maksimal 13,5 volt sebaiknya modifikasi tambah tegangan 1,2 volt. jika tegangan maksimal 14,2 s/d 14,4 sebaiknya modifikasi tambah tegangan 0,6 volt.
Keuntungan Modifikasi kiprok :
- kondisi aki dalam keadaan setiap saat full 100 %
- dapat memasok energy untuk aksesoris tambahan
- dapat perpanjang umur pakai aki (lihat Teori dasar Aki )
- Tarikan stater jadi enteng karena aki dalam keadaan full
- lampu besar lebih terang
- suara klakson lebih lantang
- mengurangi efek panas kiprok, karena mengurangi konek SCR dari jalur listrik ac (alternating current) ke masa/ground
- buat yang kiproknya mengalami masalah panas berlebih bisa memakai trik ini
- ada pekerjaan baru setiap dua minggu sekali harus cek kondisi air aki harus diperiksa khusus aki basah
Cara Pasang Diode pada Jalur Negatip
Pengujian Penambahan Diode Pada Jalur Negatip
Pengujian dilakukan pada motor honda supra fit tahun 2007
standar kiprok maksimal Voltase pengisian 14,30 volt
Aki yang digunakan 3,5 ampere GTZ-5S MF merk GS
- Sebaiknya jika ingin modifikasi kiprok tambah daya pakai Jalur negatip untuk jenis motor apapun
- Ukur terlebih dahulu drop voltage diode, uncle zak dalam tulisan ini pakai 0,6 volt drop voltage diode yang umum, namun saat ini, banyak juga beredar diode drop voltage hanya 0,3 volt. jadi tinggal hitung berapa diode yg dibutuhkan untuk menaikan voltage.
Semoga informasi ini bermanfaat bagi masyarakat automotive
Cara Mudah Modifikasi Kiprok / Regulator Pengisian Aki Motor
cara mudah modifikasi kiprok regulator pengisian aki motor
SOLUSI BATTERY: Cara Mudah Membuat Booster Kiprok ...
cara mudah membuat booster kiprok pengisian aki met pagi om.. ane msh bingung sm cara pemasangan booster halfwave n fullwave nih..
RK MOTOR | LAMPU PROJECTOR HID | LAMPU LED CREE
Distributor Projector HID AES, lampu hid dan Led Headlight Cree Motor dan Mobil
bruell
Rotor digerakkan atau diputar didalam alternator dengan putaran tali kipas mesin. Rotor yang terdiri kutub kutub magnet, field winding, dan Slip ring, bagian bagian
HOWTO : Memaksimalkan Sistem Pengisian Kelistrikan Thunder ...
HOWTO : Memaksimalkan Sistem Pengisian Kelistrikan Thunder 125, Hanya Bermodal 5.000 Rupiah !
Kre@tips DIY
Apabila suatu kumparan dialiri arus listrik kemudian listrik diputus, maka akan timbul arus balik inilah yang dinamakan arus radiant. Contoh kumparan yang dapat
HOWTO : Cek Perangkat Kelistrikan Thunder 125, Biar Ga ...
Gan, minta alamat emailnya Saya bener bener butuh bantuan seputar masalah thunder 125. saya sudah gonta ganti aki, kiprok, sepul, tapi ttep aja masalah
yams-artmedia: Pasang StabilizerRegulatorFull DC ...
full DC is the best. memaksimalkan kapasitas/potensi yg ada. relatif mudah ga nambah2i alat lain. Qiprok full dc adalah subtitusi bukan "alien" dlm sistem
Teknik Sepeda Motor
Teknik Sepeda Motor SMK AL-KHOERIYAH Ok mungkin Sobat Bloger ada yang belum tahu apa itu AHO, AHO singkatan dari Automatic Headlight On.
Fullwaving Yamaha Bebek & Skutik | KoTsK
Mas nova,fulwave juptr Z pkai 2 kiprok stndart bs apa g? dg cara mmutus kabel kuning, n mmbri tambahan pd kabel hitam untk mnju kiprok tambahan(kiprok ke 2
ConversionConversion EmoticonEmoticon