Kepada teman-teman yang setia membaca tentang ulasan kami. Follow twitter kami @willycarcom untuk mendapat info-info tentang otomotif yang lebih banyak lagi. Banyak baca, banyak tahu, menjadi pengendara yang lebih cerdas. ;)
Bagi anda yang menyukai kecepatan, seperti saya pasti anda akan memodifikasi mesin motor anda agar memperoleh tenaga sesuai keinginan anda dan pastinya anda tetap ingin konsumsi BBM motor anda tetap irit atau bahkan lebih irit dibanding sebelum dimodifikasi. Saya punya racikan ampuhnya. Resepnya adalah rombak seluruh sistem pengapian pada bagian mesin anda. Ganti Capacitor Discharge Ignition (CDI), peranti ini adalah induk/biangnya produksi api sebelum diteruskan ke ruang pembakaran. CDI standard pabrik biasanya memiliki limit dan kemampuan menghasilkan percikan apinya lebih kecil dibanding CDI racing. CDI racing zaman sekarang kebanyakan sudah mengadopsi sistem digital. Perlu dingat sebelum mengganti CDI pastikan jenis pengapian motor anda menganut sistem AC atau DC. Bila motor anda hanya digunakan untuk keperluan harian anda tidak perlu mengganti yang khusus balap mengingat harga yang cukup mahal. Pada motor harian bila anda tertarik untuk menggunakan merek BRT(Bintang Racing Team) anda cukup menggantinya dengan tipe Hyperband kira-kira harganya berkisar antara 350rb-400rb. Untuk meningkatkan sistem pengapian pada motor, selain CDI anda juga dapat mengganti Busi dan Kabel Busi. Busi perlu diganti yang jenis racing berbentuk jarum dan bahan yang paling bagus adalah Iridium. Saya menggunakan busi NGK racing jarum berbahan Platinum. Kalau CDI dan busi sudah menghasilkan percikan api yang besar, percuma kalau perantara atau kabel businya masih standard. Jadi saya menggantinya dengan kabel busi split fire berbahan serat optik. Bila anda rasa masih kurang anda juga bisa mengganti koil yang lebih bagus, tetapi hal itu tidak saya lakukan mengingat budget yang sedikit. Untuk memodifikasi itu semua saya harus rela merogoh kocek hingga 440rb, tetapi saya cukup puas karena peningkatkan tenaga cukup signifikan walaupun belum melakukan pengetesan lewat dynometer dan CDI yang saya pakai unlimiter. Perlu diingat seluruh modofikasi yang telah saya beberkan tadi untuk motor saya JupiterZ keluaran 2006. Berikut adalah spesifikasi CDI BRT HyperBand:
Tegangan Kerja | : | 12 s/d 18 Volt |
Konsumsi Arus | : | 0.1 s/d 0.8 A |
Putaran Mesin | : | 400 s/d 20.000 RPM |
Ignition Timing (Idle) | : | 12 s/d 15 BTDC |
Advance Timing | : | 27 s/d 42 (Lihat Label di CDI) |
Used | : | Standard, Racing, Kompetisi |
CDI Type | : | DC |
Ignition Control | : | Digital Microcontroller (Powered by Philips Semiconductor) |
Standarisasi | : | JASO/JIS/UL (Japan Standard) |
Protection | : | Automatic Low Voltage Protection |
UPDATE (23/08/2008)
Saya mau memberi sedikit tambahan. Bila anda sudah mengganti CDI standard anda dengan CDI BRT, saya sarankan untuk TIDAK mengganti koil standard anda dengan koil racing. Pasalnya, pihak BRT pernah mengklaim kalau seluruh produk yang mereka buat diuji dengan koil standard dari pabrik motor itu sendiri. Beda dengan CDI XP 2002 yang melakukan penelitian koil racing dan standard. Sebagai ilustrasi bila anda mengganti CDI standard ke CDI BRT akan ada peningkatan tenaga sekitar 0,8 HP, bila anda mengganti koil racing maka akan ada peningkatan tenaga sekitar 0,3 HP. Tetapi bila anda mengganti keduanya maka belum tentu peningkatan tenaga menjadi 0,8 + 0,3 = 1,1 HP bisa jadi kurang dari itu. Dampak lainnya CDI BRT anda akan cepat rusak atau mati. Lalu karena banyaknya pertanyaan tentang keberadaan kabel busi spilt fire itu, di sini saya tekankan bahwa tidak harus menggunakan kabel busi merek itu, yang terpenting adalah bahannya yang terbuat serat optic
PARA BRO-BRO. GW UDA BIKIN MOTOR GW LEBIH KENCENG LAGI TAPI TAMBAH IRIT LAGI KONSUMSI BBM-nya BRO LIAT DEH DI Modifikasi Mesin Bikin Kenceng, Malah BBM Lebih Irit(Stage II) http://willycar.wordpress.com/2009/03/05/modifikasi-mesin-bikin-kenceng-malah-bbm-lebih-irit-stage-ii/
UPDATE LAGI.
Sepertinya kabel busi split fire ini saya sudah cari kemana-mana, tetapi sudah tidak ada lagi yang jual. Sepertinya pabrik kabel busi ini sudah tutup. Seluruh harga yang saya keluarkan untuk memodifikasi motor ini, saat pada tanggal 9 Juni 2008. Jadi tidak mungkin kalau harganya maish sama LAGI PULA, BEBERAPA MOTOR MENGGUNAKAN KABEL BUSI YANG SUDAH TERSAMBUNG DENGAN KOIL SECARA PERMANEN, JADI KLO MAU GANTI KABEL BUSI INI HARUS GUNTING KABEL BUSI STANDARD. JADI MOHON DIPERTIMBANGKAN LAGI YA..
KARENA SEKARANG SAYA SUDAH SIBUK KULIAH, JADI PERTANYAAN LEWAT SMS TIDAK DAPAT SAYA BALAS MOHON MAAF.. :D
Modifikasi Mesin Bikin Kenceng, Malah BBM Lebih Irit ...
920 responses to Modifikasi Mesin Bikin Kenceng, Malah BBM Lebih Irit (Stage I)
Modifikasi Motor untuk Pemula | KafeMotor
Modifikasi Motor untuk Pemula Desember 29, 2006 Posted by ilham in Biker, Modifikasi. trackback. Banyak di antara kita yang suka modifikasi motor (modif
Push Your Limit n Destroy It!!! | Read More, Know More ...
Read More, Know More, Get More Karena banyak dari para pembaca setia Willycar.com yang bertanya mengenai katup / klep pada motor atau mesin 2 Tak maka pada
Video dan gambar modifikasi Honda CB150R Street Fire ...
Video dan gambar modifikasi Honda CB150R Street Fire. Makin gahar!! November 7, 2012 Posted by Iwan Banaran in Honda, Otomotif. Tags: CB150R, Honda, Modifikasi
Suhu Tepat, BBM Hemat | Tips Otomotif saft7.com
mungkin untuk mbil2 yg lebih baru thermostatnya ketika sudah panas membuka n otomatis jalur bypass menutup(high flow by pass) tpi untuk mobil2 lawas kebanyakan
How to modify n tune Bajaj Pulsar | R.A.T -Racing ...
Oleh karenanya puluhan pulsar mampir ke padepokan RAT, untuk mengisi susuk tambah kenceng ke dalam mesinnya. Ada rekor yang bikin pulsarnya sampai
Penampakan Honda CB150R versi modifikasi di JMCS ...
Penampakan Honda CB150R versi modifikasi di JMCS..!! Oktober 31, 2012 Posted by Iwan Banaran in Honda. Tags: CB150R, Honda, modif trackback. Di tag oleh bro Andi via
Pembangkit Hydrogen = Bikin Irit !!! --> Baca Hal 47 ...
Pembangkit Hydrogen = Bikin Irit !!! --> Baca Hal 47 - Versi Cetak +- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
Nissan Grand Livina menghadang Toyota | Anjar Priandoyo
Udah mulai naksir Livina? Merk mobil memang tergantung kepercayaansaya dan suami lebih suka Toyota. After sales service nya bagus, asuransinya (grup
Mana OLI Mesin yang cocok!!! | OTOMOTOBLOG
Bro ucuy, berikut saya copas dari artikel terdahulu yang pernah dimuat oleh rekan KoBOI. monggo disimak Oli pelumas mesin skutik identik dengan oli pelumas pada
ConversionConversion EmoticonEmoticon