Posted by Iwan Banaran in Otomotif.
trackback
Bro dan sismasa muda IWB hidup pada era Mick Doohan. Era dimana motor-motor yang merajai balap pasar senggol ataupun drag race merupakan engine 2 tak. Kubikasi mungil namun tenaga liar seperti badakkhususnya accelerasi. Bukan bermaksud membandingkan namun kadangkala, banyak celotehan biker-biker tak bertanggung jawab yang sering kali melakukan kebohongan agar tunggangan terlihat wah. Nggak usah jauh-jauh, lawong IWB aja sudah pernah jadi korban. Mosok Tiger standart ngaku bisa lari 200km/jam. AlasannyaCcnya kan 200. Modiar tenan!!
Sudah hampir 25 tahun mengenal motortak terhitung jumlahnya kuda besi yang sudah IWB cicipi. Ada yang sekedar test ride ringan, hingga ekplorasi top speed. Untuk yang terakhir.mungkin hanya 10% porsinya sebab bukan hal yang mudah untuk melakukannya. Pada era 1990an, bebek yang terkenal menjadi idola anak muda adalah Suzuki Crystal, Yamaha Force-1/F1ZR. Mendekati tahun 2000 muncul Suzi Satria yang merupakan turunan RG-Sport. Sedang Hondamereka memiliki Astrea Star serta Grand. Namunkala itu pasar yang disasar lebih kepada kaum dewasa yang mengejar irit dan ekonomis.
Untuk motorsport.Yamaha termasuk pabrikan yang loyal. Tercatat ada 4 varian dilempar kepasar. Yakni RX-Special, RX-King yang terkenal dengan embel-embel Energy Induction, RXZ, serta RZ-R. Semua bermain dikelas 135cc kecuali RX-Spesial yang pada perjalanannya disuntik mati dan murni digantikan oleh siKobra. RXZ sendiri merupakan versi lain dari RZ-R yang full fairing. Dengan tudung seperti motor India, RXZ cukup disegani didunia drag race liar tanah air ataupun road race. Sementara Suzuki melenggang sendirian lewat sang legendaris RGR-150 sebelum akhirnya Honda bersama NSR150 serta Kawasaki dengan Ninja150 merangsek menggantikan dominasinya..
Pada era 2000anhanya Kawasaki yang mampu mempertahankan eksistensi mesin 2 taknya. Sedang pabrikan sayap mengepakkarena kebijakan Honda Jepang, maka produksi engine 2 strokenya dihentikan beralih kemesin 4 stroke hingga sekarang membuat NSR150 hanya menjadi legenda. Nasib Yamaha juga tidak begitu beruntung. Sebab akibat isu pelarangan 2 tak, sikobra pelan namun pasti menuju kematian permanen akibat ditinggalkan konsumen yang berbondong-bondong beralih kemesin 4 tak. Yupitulah sekilas info perjalanan sejarah roda dua tanah air yang sempat IWB rekam. Dan dari sekian motor yang pernah brojol ketanah air, berikut kompilasi top speed hasil pengalaman pribadi.
1. Yamaha Force-1 (1993) = 110km/jam
2. Yamaha FiZr (1994)= 115km/jam
3. Yamaha RX-King (1994)= 135km/jam
4. Yamaha RX Spesial (1989) = 125km/jam
5. Yamaha RZR (1995) = 145km/jam (boncengan)
6. Yamaha Jupiter-Z (2005) = 115km/jam
7. Yamaha Mio (2006) = 115km/jam
8. Yamaha Mip J (2012) = 110km/jam
9. Yamaha Byson (2010) = 116km/jam
10. Honda Astrea Grand (1992) = 110km/jam
11. Honda Vario 110 & Beat (2012) = 100km/jam
12. Honda Vario 125 (2012) = 110km/jam
13. Honda GL-MX (1993) = 125km/jam
14. Honda GL-Pro (1994) = 125km/jam
15. Honda Megapro (2002) = 130km/jam
16. Honda new Megapro = 120km/jam
17. Honda Tiger2000 (1997) = 130km/jam
18. Kawasaki Ninja 150L (2011) = 165km/jam
19. Kawasaki Athlete (2008) = 125km/jam
20. Suzuki Crystal tune (1995) = 120km/jam
21. Suzuki RGR150 (1995) = 175km/jam
22. Bajaj Pulsar 200 (2009) = 120km/jam
23. Bajaj Pulsar 220 (2011) = 136km/jam
24. TVS Apache RTR 160 = 127km/jam
Mungkin ada beberapa yang terlewat.dan akan diupdate jika diperlukan. Patokan top speed hanya berdasarkan speedometer bawaan motor yang perproduk bisa saja berbeda kalibrasinya. Somotor terkencang versi test ride pribadi masih dipegang oleh Suzuki RGR150SS. Sayang, kini hanya tinggal legenda. Tentu saja kans produk lain sangat terbuka untuk mengungguli, namun sayangnya IWB tidak ngetes langsung. Somotor massal 200cc bisa ngacir hingga 200km/jam, dilalah IWB belum menemui tuh bro :mrgreen: .(iwb)
Noted : Image Kaskus dan Bikepic
Kompilasi top speed motor-motor yang pernah IWB test ...
Kompilasi top speed motor-motor yang pernah IWB test.!! Maret 21, 2012 Posted by Iwan Banaran in Otomotif. trackback. Bro dan sismasa muda IWB hidup pada era
Testimoni penyemplak Yamaha Force..top speed tembus ...
Testimoni penyemplak Yamaha Force..top speed tembus 120km/jam! Agustus 30, 2013 Posted by Iwan Banaran in Yamaha. Tags: Force, Test ride, Yamaha
Cb150R vs New Vixion , Top Speed dan Akselerasi Unggul ...
Melanjutkan artikel yang kemarin tentang tes Dyno yang menyatakan power New Vixion lebih unggul ( klik). Sekarang giliran Top Speed & akselerasi dari keduanya.
Review Z800 Vs Er6x: Pantaskah Selisih Harga 60 Juta ...
Motor atau moge is not always about high speed Bro. Mungkin hanya 10% dari kesempatan kita riding kita berada pada top speed. Mungkin kurang malah.
warna baru Kawasaki Ninja 150 R Biru Dongker ? | PERTAMAX7.com
wah fenomenal nih motor untuk dijaman sekarang, 2 langkah. tapi gk dipungkiri bagi yang pengin sensasi performa dan topspeed yahud dgn harga yang masih bisa kejangkau
Streetshoot penampakan motor baru antara Ninja 250 1 ...
bisa dibilang hari ini adalah harinya motor yang kena streetshoot berikut pulang dari gerak jalan ane buka email wah lek iwb dapet streetshoot lagi ( disini
wisnu3ds
Lowongan kerja desainer 2d & 3d @jakarta utara. Posted on March 27, 2014 Updated on March 27, 2014. Bismillah. Pagi bro, kali aja ada temen dan kawan masbro yang
Pilih Mana CB150R vs New Vixion vs Versa 150 vs Byson ...
killer smile on February 6, 2013 at 4:04 pm coba kita baca komen dari atas sampai bawah yang bela CB tidak di embel embeli dengan kata kata menjelekkan
wendakalubis | Corat-coret Dikala Senggang
Akhirnya sempet juga menuliskan pengalaman kecelakaan motor yang Akang alami. Perlu pembaca ketahui kecelakaan yang akan Akang tuliskan sekarang adalah kecelakaan
Arsip | tmcblog.com
Berikut adalah Arsip postingan yang ada di dalam Blog ini, semoga berguna
ConversionConversion EmoticonEmoticon